Peran Bank Syariah Dalam Dunia Kewirausahaan

Saya selalu penasaran mengenai seberapa besar pengaruh bank syariah dalam pertumbuhan dunia kewirausahaan di Indonesia. Beberapa artikel yang saya baca menunjukkan bahwa bank syariah target pasarnya cukup terbatas, hanyalah konsumen beragama Islam yang menginginkan tabungan dengan konsep yang mengedepankan nilai - nilai syar'i.

Image by mohamed Hassan from Pixabay 

Namun setelah saya keliling situs bank - bank syariah yang ada di Indonesia, saya justru menemukan bahwa fasilitas yang ditawarkan oleh bank syariah nyatanya tidak hanya sebatas tabungan saja, melainkan juga ada fasilitas pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang bisa digunakan untuk pembiayaan atas modal usaha semisal kita mau membuka usaha.


Saya agak terkejut saat menemukan bahwa salah satu bank syariah bahkan bersedia meminjamkan dana dibawah 10.000.000 untuk pembiayaan usaha. Kalau ada yang membuka usaha gorengan, jus buah, siomay, bakso, mi ayam, dsb. jelas dana dibawah 10.000.000 sudah cukup untuk mulai berwirausaha.

Syarat yang dibutuhkan juga tidak rumit, cukup dokumen kependudukan dan legalitas usaha. Saya tidak tau pasti yang dimaksud dengan legalitas usaha ini apakah cukup dengan Surat Keterangan Domisili Usaha saja atau butuh akta usaha berbadan hukum juga. Untuk pertanyaan lebih lengkap, saya sarankan untuk menghubungi langsung ke bank syariah yang dikehendaki. 

Selain prinsip syariah, meminjam dana dari bank syariah juga lebih direkomendasikan daripada pinjam di pinjaman online yang bunganya selangit itu. Transaksi di bank syariah juga sama mudahnya dengan bank konvensional karena jaringan ATM pun sekarang sudah terkoneksi. 


Kode diatas biasanya digunakan saat kita akan transaksi di ATM atau secara online. Bahkan yang saya paham dan saya lakukan sekarang ini, urusan transaksi bank juga bisa menggunakan aplikasi android yang sudah diverifikasi oleh BI dan OJK.

Jadi sudah tidak perlu mengkhawatirkan saat kita menggunakan bank syariah dan melakukan transaksi antar bank. Untuk info lebih lengkap bisa klik kode bank syariah.

Pada tanggal 5 November 2021 kemarin, penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang dilakukan oleh sepuluh bank syariah di Indonesia mengalami peningkatan hingga 257,5% jika dibandingkan periode yang sama di tahun 2020. Kalau dilihat dari nominal, kenaikannya adalah dari 4.8 triliun menjadi 12.36 triliun di 2021. Sementara jumlah UMKM mengalami peningkatan dari 119.668 menjadi 237.617 debitur di 2021. 

Jelas sekali bagaimana peran bank syariah dalam dunia kewirausahaan di Indonesia kalau sudah melihat data ini. Belum lagi pembinaan secara langsung dari pihak bank kepada para wirausahawan yang biasanya kita lihat di lapak pedagang ada logo bank yang membina.

Harapannya semoga dunia kewirausahaan di Indonesia bisa terus tumbuh dan target rasio wirausaha Pemerintah Republik Indonesia sebesar 3,9% di tahun 2024 bisa terwujud dan bahkan terlampaui.

Saya Bobby, pamit !

Tidak ada komentar:

berikan komentar anda dengan bijak. untuk memasang link anda kami sarankan menggunakan Name/URL demi kenyamanan kita bersama. salam wirausaha.

Diberdayakan oleh Blogger.