Kontribusi Mayora Kepada Dunia Kewirausahaan Indonesia

seringkali kita mengalami kesulitan dalam menentukan jenis usaha yang akan kita geluti. padahal tabungan sudah dirasa cukup. padahal klaim Jaminan Hari Tua dari BPJS Ketenagakerjaan sudah cair. padahal uang pesangon PHK sudah ditransfer dan kesemuanya itu menganggur saja di tabungan bank kita.

kontribusi mayora indonesia

usaha termurah yang bisa kita lakukan adalah dari rumah. kita tidak perlu membayar uang sewa dan biaya - biaya lain yang menyertainya. usaha di rumah sendiri akan memberikan kita kesempatan untuk punya lebih banyak waktu bersama keluarga, harapannya.

akhirnya setelah tengok kanan dan kiri rumah, kita memutuskan untuk membuka usaha yang paling realistis, yaitu toko kelontong. dihitung dari segi manapun, membangun toko kelontong masih tetap lebih murah daripada menyewa di pasar atau di pinggir jalan raya. ini khususnya untuk kita yang tinggal di perumahan atau gang senggol yang cukup jauh dari jalan raya.

tapi tulisan ini tidak akan saya gunakan untuk membahas toko kelontong, melainkan saya akan menelisik lebih dalam tentang perusahaan yang memiliki kontribusi besar terhadap dunia kewirausahaan kita yang salah satu implementasinya adalah toko kelontong.

gampangnya dalam keseharian kita akan menyebut toko kelontong ini sebagai warung. siapa sih yang tidak pernah jajan atau berbelanja di warung. mulai dari sabun, sampo, kopiko, biskuit, astor, dan aneka minuman dingin yang seger bener. 😁

sekarang saya akan pastikan opini saya bahwa memang ada satu perusahaan yang begitu gencar menjual produknya yang berkualitas dengan harga merakyat, serta bisa kita temui di kebanyakan warung yang ada disekitar kita.

perhatikan gambar dibawah ini :

produk PT. Mayora Indah Tbk. yang mana dari gambar tersebut yang belum pernah kalian temui di warung atau minimarket yang ada disekitar kalian. saya yakin jawabannya adalah kalian pasti pernah menemui, membeli, atau bahkan ada produk yang kalian suka dan sering membelinya sesuai gambar diatas.

faktanya Produk Mayora ada banyak macamnya, bukan hanya yang ada di gambar diatas. ada biskuit, permen, wafer, coklat, kopi bubuk, dan makanan kesehatan yang kesemuanya sangat mudah kita temui dalam keseharian kita.

ada begitu banyak perusahaan FMCG dengan beragam produknya, namun kenapa Mayora Indonesia menjadi salah satu yang paling berkontribusi. bisa dikatakan itu mungkin karena margin harga yang bisa diambil dari produk ini yang cukup besar.


sebagai contoh, Choki Choki Pasta di toko grosir, untuk satu dus isi 20 buah bisa kita beli dengan harga 15.000. kemudian kita bisa jual satuan seharga 1.000. kalau dihitung total dalam satu dus, kita sudah mendapatkan untung 5.000 (30%). 

padahal produk tersebut biasanya dibeli oleh anak - anak dalam jumlah lebih dari satu dan sifatnya rutin. tidak hanya untuk sekali beli saja. ini baru dari Choki Choki Pasta, belum Produk Mayora lainnya yang juga tidak kalah larisnya.

meskipun hanya mengandalkan margin harga yang kelihatan receh, tapi kalau diakumulasikan dalam sehari, seminggu, dan sebulan, maka hasilnya tidak akan kalah dari gaji pegawai kantoran. tentunya dengan catatan bahwa penjualan warung ramai ya.

keuntungan potensial inilah yang kemudian saya anggap sebagai trigger bagi kebanyakan orang untuk kemudian membuka warung atau toko kelontongnya sendiri. dari sekian banyak warung, faktanya memang produk mayora mudah ditemukan dan secara langsung memberikan kontribusi kepada dunia kewirausahaan di Indonesia.

belakangan ini bahkan Mayora Indonesia secara masif menunjukkan keseriusannya untuk go international melalui strategi In-Program Ads, tepatnya dengan product placement di beberapa Drama Korea dengan rating tinggi seperti Vincenzo, Hometown Cha Cha Cha, dan yang terbaru adalah dalam drama berjudul Mine.

saya harap kedepannya akan bermunculan perusahaan - perusahaan yang serius dalam memberikan kontribusi kepada dunia kewirausahaan di Indonesia dengan produk - produk berkualitas yang terjangkau harganya sehingga mudah untuk dijual kembali.

Corporate Social Responsibilty tidak selalu ditunaikan dengan memberikan material, bentuk dukungan seperti yang dilakukan Mayora Indonesia dengan sifat mutualisme juga bisa saya anggap sebagai CSR perusahaan kepada rakyat, khususnya wirausahawan.

jadi mulai detik ini, belanjalah di warung terdekat, belanja produk buatan lokal, dan pastikan untuk terus berusaha kepada semua teman - teman yang masih tegap memegang impian untuk menjadi wirausahawan, dimanapun berada.

akhirnya saya Bobby, pamit !

18 komentar:

  1. setuju banget untuk belanja produk lokal aja, demi memajukan perekonomian negeri sendiri..
    dan semoga UMKM2 bisa semakin maju..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget, bukan anti makanan minuman impor, cuma prioritas yg lokal ya

      Hapus
  2. Thats right brader, saya pernah punya toko kelontong dan berasa banget untungnya dari produk-produk Mayora.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah ada yang pernah ngalamin langsung juga ya

      Hapus
  3. mayora emang top dan udah ada sejak dulu dan mereka pun hadir menjawab kebutuhan kita2

    BalasHapus
  4. Benar sekali Bang, produk lokal harus terus kita dukung agar masyarakat kita lebih cinta produk dalam negeri.

    Hebatnya Mayora dalam mengemas produk dan membuat harganya merakyat agar wirausahawan dapat tumbuh pesat bahkan di toko-toko kelontong.

    Semangat terus berkarya Bang.

    BalasHapus
  5. Bener banget mas, warung-warung sekitar rumah saya kebanyakan menjual produk mayora. Apalagi produk makanan dari mayora ini digemari anak-anak.

    BalasHapus
  6. yaps bener sekali tuh mas, yg sering jadi masalah saat ini kesukaan org2 menggunakan produk luar. padahal produk lokal nggak kalah hebat. harusnya kita selalu mendukung produk-produk lokal agar setidaknya dapat sedikit membantu masyarakt lokal juga

    BalasHapus
  7. Wah benar juga, produk Mayora sangat umum ditemui di kehidupan sehari-hari. Apalagi anakku hobinya makan jajanan produknya Mayora.

    BalasHapus
  8. Oh jadi jajanan yang sering saya beli ini (seperti di gambar) produk dari Mayora to. Kirain dulu tiap 1 produk punyanya 1 perusahaan aja. Hehe. Setuju sih kalau bisa belanja diwarung terdekat kenapa harus cari yang jauh. Selain menghemat waktu, tenaga, dan biaya juga turut mesupport UMKM agar semakin maju.

    BalasHapus
  9. Kalau dipikir-pikir iya juga sih kak, emang semua produk mayora itu akrab banget di keseharian keluarga kami. Bahkan anak-anak gemar banget sama coki-coki.. Kalo tekun dan ulet margin kecil pun bisa jadi besar kak. Kan kali banyak kali sering.

    BalasHapus
  10. benar juga ya.. Dan kebanyakan produk Mayora itu adalah makanan yg bisa dikonsumsi untuk semua umur.. Jadi cocok banget untuk cemilan keluarga..

    BalasHapus
  11. Pabrik Mayora itu ada di Pasuruan ya. Dulu aku sering lewat waktu masih tinggal di Pasuruan kak

    BalasHapus
  12. Wah produk di atas semuanya jadi favorit saya, terima kasih Mayora dan mas Bobby sudah share tulisannya.

    BalasHapus
  13. Salah satu perusahaan idaman nih, tapi nggak pernah" dapat panggilan pas lamar disini. Ups curhat ehhehe

    BalasHapus
  14. Ya ampun produk ini mah udah sampai internasional yah pasarannya. Dah ngga diragukan lagi sama kualitasnya. Aku termasuk penggemar coki2 sejak TK sampai sekarang wwkwkw

    BalasHapus
  15. Mayora sih jajanan anak sy. Produknya beragam n enak². Eh emaknya jg doyan ding hehe..

    BalasHapus
  16. memang kita harus selalu mendukung produk lokal, semoga produk lokal selalu dapat menjadi andalan kita semua.

    BalasHapus

berikan komentar anda dengan bijak. untuk memasang link anda kami sarankan menggunakan Name/URL demi kenyamanan kita bersama. salam wirausaha.

Diberdayakan oleh Blogger.