Best Museum in Denmark - Museum Terbaik Denmark

Pagi ini saya makan biskuit Danisa berbentuk mahkota kegemaran saya sambil membaca kolom news disalah satu portal berita nusantara yang menginfokan tentang renovasi Museum Pegadaian di Sukabumi. Museum itu sudah berdiri sejak 2010. Saya sendiri baru tahu bahwa Pegadaian ternyata punya museum sendiri. Saat saya melihat biskuit berbentuk mahkota yang saya makan, saya jadi penasaran, ini biskuit jangan - jangan juga punya museum di tempat asalnya di Denmark. 😆

Image by prettysleepy1 from Pixabay 

Kalau berbicara tentang Denmark, negara tersebut terletak di Eropa Utara dengan ibukotanya adalah Kopenhagen. Saya pernah membaca berita yang menyatakan bahwa Denmark adalah salah satu negara yang penduduknya paling bahagia di muka bumi ini. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa hal seperti PDB yang tinggi, alam yang indah, angka korupsi rendah, dan akses pendidikan yang berkualitas.

Kalau berbicara tentang pendidikan, maka saya ingin sekali mengaitkannya dengan topik pembuka artikel ini, museum. Saya belum pernah keluar negeri apalagi mendatangi museum disana, makanya saya sangat penasaran seperti apa bentuk dan sensasi wisata museum disana. Saya adalah penggemar film night at the museum. Dari film itu sedikit banyak saya jadi paham bahwa Amerika Serikat saja ternyata memperlakukan museum dengan sebegitu epic-nya.

Lalu bagaimana dengan Denmark. Saya belum pernah kesana meskipun saya sangat ingin. Apa yang saya bisa lakukan disini hanyalah scrolling google search saya sampai akhirnya saya menemukan tiga museum terbaik yang dimiliki oleh Denmark. Penggunaan gelar "terbaik" ini murni dari saya ya, jadi sangat subjektif sifatnya. Boleh setuju boleh tidak.

1. National Museum of Copenhagen
Museum ini adalah museum terbesar dan bisa dikatakan juga sebagai Best Museum in Denmark karena di museum ini, pengunjung akan diperkenalkan dengan sejarah kebudayaan Denmark secara lengkap. Menariknya adalah pengunjung dengan usia dibawah 18 tahun tidak dikenakan biaya tiket masuk alias gratis!

Kebijakan tersebut jelas sangat mendukung pelajar untuk datang ke museum dan mempelajari sejarah baik itu sejarah terkait negaranya maupun sejarah dunia secara keseluruhan. Gedung National Museum of Copenhagen memang sudah nampak klasik, tapi suasana didalam museum sudah dibuat senyaman mungkin sehingga pengunjung tidak perlu merasa takut ke museum, seperti yang banyak terjadi ketika kita memasuki museum - museum yang ada di Indonesia.

2. Lousiana Museum of Modern Art
Museum ini juga bisa saya katakan sebagai Best Museum in Denmark karena museum ini punya konsep yang jauh dari museum pada umumnya. Banyak karya berupa seni patung yang dipajang dengan konsep outdoor yang menghadap taman yang rindang. Beberapa karya bahkan menghadap langsung ke Teluk Niva dengan baris pantai yang sangat indah.

Harga tiket untuk pelajar adalah 125 DKK atau sekitar 272.000 Rupiah. Sementara untuk orang dewasa diatas 18 tahun adalah 145 DKK atau 315.000 Rupiah. Saya berasumsi bahwa semua pengunjung dibawah 18 tahun akan masuk dalam kategori pelajar, bahkan balita sekalipun. who knows ?

3. Zoological Museum
Selanjutnya adalah Zoological Museum yang juga ada di Kopenhagen. Museum yang khusus memberikan informasi tentang dunia hewan yang masih ada maupun sudah punah. Jangan terkejut jika kamu kesini dan menemukan fosil utuh dinosaurus dalam ukuran yang sebenarnya. Bahkan replika mamoth dan walrus dibuat dengan sebegitu menyerupai aslinya disini. 

Zoological Museum terletak didalam kawasan Copenhagen University dan tiketnya bisa beli yang annual pass atau yang sekali masuk. Beberapa pengunjung membeli tiket annual karena terkadang ada pameran khusus yang tematik dalam setahun. Dengan tiket annual maka pengunjung cukup membayar sekali saja untuk bisa masuk kapanpun.

Annual Pass prices :

  • Adult 210 DKK / 456.000 Rupiah
  • Adult DUO: 350 DKK / 761.000 Rupiah
  • Child (3-17 years): 120 DKK / 260.000 Rupiah
  • Child DUO (3-17 years): 250 DKK / 543.000 Rupiah

Reguler Pass prices :
Adults:
 DKK 105 / 228.000 Rupiah
Children (3–17 years): DKK 50 / 108.000 Rupiah
Students: DKK 50 (with student ID) / 108.000 Rupiah

Museum di Denmark ada banyak dengan temanya masing - masing. Beberapa museum bahkan menggratiskan biaya tiket masuk untuk pelajar dengan tujuan agar kegiatan pembelajaran di museum bisa dilakukan kapanpun.

Namun predikat Best Museum in Denmark menurut saya adalah tiga museum diatas. Saya selalu berharap di Indonesia, museum akan dibangun dan dikelola dengan konsep modern seperti yang dilakukan Lousiana Museum of Modern Art atau Smithsonian sekalipun.

Untuk info museum lainnya di Denmark, KLIK DISINI.

Tidak ada komentar:

berikan komentar anda dengan bijak. untuk memasang link anda kami sarankan menggunakan Name/URL demi kenyamanan kita bersama. salam wirausaha.

Diberdayakan oleh Blogger.