9 Core Elements of Marketing - Positioning (3/9)

#blogPW. setelah empat tahun tidak menulis di blog ini, yang jadi perhatian pertama saya adalah hutang artikel saya mengenai 9 Core Elements of Marketing yang dicetuskan oleh bapak pemasaran di Indonesia, Hermawan Kartajaya. 

Saya memajukan konsep ini bukan karena saya pernah berkecimpung di organisasi Indonesia Marketing Association yang merupakan organisasi binaan Pak Hermawan Kartajaya, melainkan karena konsep ini bisa menjadi inti dari penjualan produk yang akan dijual ke pasar. kita akan langsung membicarakan mengenai salah satu elemen yang juga sangat penting dalam 9 Core Elements of Marketing, yaitu :

POSITIONING

Positioning merupakan strategi dimana anda akan menempatkan posisi produk anda di pasar nantinya. positioning ini memiliki ikatan erat dengan desain produk maupun kemasan produk yang digunakan. jika kita seorang penembak jitu, pastinya kita sudah dilatih bahwa kemampuan menembak bukan satu - satunya hal yang penting karena mencari posisi tembak terbaik dengan sudut kemiringan, arah angin, bahkan jenis tanah landasan menembak. 

Jika produk anda memiliki rentang harga yang relatif tinggi dan berkualitas diatas rata - rata, maka posisikan produk anda untuk pasar yang memiliki kemampuan ekonomi kelas menengah keatas. jika produk anda berada di posisi yang tepat, maka anda akan bisa membidik pasar yang tepat juga sehingga itu akan berimbas pada optimalisasi biaya pemasaran anda.

satu yang tidak bisa dilupakan juga adalah selain positioning dalam arti lokasi, juga bisa berarti sudut pandang. sudut pandang pasar terhadap produk anda. kendaraan mobil toyota avanza memiliki positioning yang sangat matang sebagai mobil keluarga yang irit bahan bakar dan hal tersebut semestinya sudah lebih dari cukup untuk menjelaskan pengertian positioning dalam arti sudut pandang pasar.

tidak ada satupun elemen didalam 9 Core Elements of Marketing yang bisa berjalan sendirian karena sejatinya konsep tersebut seperti gerbong kereta api yang saling tarik - menarik gerbong agar berjalan searah sesuai dengan kemauan masinis yang mengendalikan. melalui tulisan ini saya berharap bisa memberikan masukan dan inspirasi bagi anda yang saat ini sedang kesulitan menentukan jenis produk, bentuk kemasan, hingga model pasar. salam wirausaha.

Penulis : Bobby Setyawan

Tidak ada komentar:

berikan komentar anda dengan bijak. untuk memasang link anda kami sarankan menggunakan Name/URL demi kenyamanan kita bersama. salam wirausaha.

Diberdayakan oleh Blogger.