9 Core Elements of Marketing - Targeting (2/9)

#blogPW. Pada kesempatan kali ini saya akan melanjutkan artikel serial "9 core elements of marketing" yang sudah saya mulai dari segmentasi. kali ini saya menulis artikel mengenai targeting. targeting adalah kegiatan mengarahkan produk pemasaran kepada sasaran tertentu yang diinginkan. targeting adalah langkah kedua dalam 9 core elements of marketing dan bisa menjadi kunci apakah sebuah produk akan sukses untuk dipasarkan atau gagal. segmentasi menjadi langkah untuk mengelompokkan pasar kedalam beberapa kelompok. targeting adalah kegiatan memilih kelompok mana yang akan dituju oleh kegiatan pemasaran kita.

TARGETING

Philip Kotler dkk (2003) dalam yang berjudul rethinking marketing, mendefinisikan targeting sebagai sebuah strategi mengalokasikan sumber daya perusahaan secara efektif. dalam hal ini berada dalam lingkup pemasaran. seperti saat kita menggunakan busur untuk melepaskan anak panah ke arah yang kita inginkan. seperti itu pula kegiatan targeting dalam pemasaran. 

kita analogikan saja dengan kondisi dimana kita memiliki produk yang hendak kita pasarkan, yaitu kalung berlian. dari produk yang kita miliki maka bisa secara ringkas kita lakukan segmentasi dan kemudian kita targeting kepada kelompok pasar yang kira - kira membutuhkan produk kaling berlian tersebut. antara lain kelompok dengan kriteria seperti gender wanita dengan usia separuh baya dan memiliki level ekonomi yang tinggi. seperti itulah kuranglebihnya kegiatan targeting dilakukan.

artikel singkat ini semoga bisa sedikit membantu teman - teman yang membutuhkan informasi mengenai targeting ini. salam wirausaha dan saya tunggu respon diskusi dari teman - teman semua.


Penulis  : Bobby Setyawan

No comments:

berikan komentar anda dengan bijak. untuk memasang link anda kami sarankan menggunakan Name/URL demi kenyamanan kita bersama. salam wirausaha.

Powered by Blogger.