9 Core Elements of Marketing - Segmentasi (1/9)

#blogPW. Pada kesempatan ini saya akan mencoba menulis mengenai apa yang terkandung dalam ilmu dasar pemasaran yang bernama 9 core elements of marketing. ini adalah teori yang diciptakan oleh Bapak Pemasaran Indonesia, Hermawan Kartajaya.

9 core elements of marketing ini seperti namanya terbagi atas sembilan elemen yang menjadi dasar dari ilmu dan  implementasi pemasaran. nah untuk setiap elemennya akan saya ulas secara singkat dan disini saya akan sangat senang sekali bila teman - teman bersedia memberikan feedback dengan berkomentar di artikel ini. oke biar penasaran gak semakin parah saya akan langsung membahas elemen yang pertama.

SEGMENTATION

Segmentasi adalah  kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda. Segmentasi pasar juga dapat diartikan sebagai proses pengidentifikasian dan menganalisis para pembeli di pasar produk, menganalisis perbedaan antara pembeli di pasar. (sumber : id.wikipedia.org)

jadi langkah awal dalam implementasi pemasaran yang baik memang harus ada pembagian pasar kedalam bagian yang didasarkan atas hal seperti usia, lokasi, gender, profesi, pendidikan, dsb. segmentasi inilah yang nantinya akan mempermudah pemasar untuk kemudian menunjuk kemanakah dia akan menawarkan produknya. tanpa adanya segmentasi maka akan beresiko pada tidak efektif dan efisiennya kegiatan pemasaran karena sasaran yang dituju tidak jelas apakah sesuai dengan produk yang ditawarkan. sebagai contoh apakah pantas menjual rokok ke lingkungan sekolah dan apakah pas menjual berlian swarovsky ke wilayah yang taraf ekonominya rendah. disinilah segmentasi bekerja pada awalnya sebagai suatu kesatuan bagi semua elemen yang ada di 9 core elements of marketing

semoga sedikit ulasan dari saya ini bisa membantu memberikan teman - teman semua pemahaman mengenai apa sih segmentasi pemasaran itu. mengapa saya tidak sekalian saja membahas 9 core elements of marketing. setelah berkeliling rumah mbah google saya menemukan cukup banyak yang membahas konsep ini, namun tidak semuanya membahas secara rinci mengenai poin - poin didalamnya. salam wirausaha.

Penulis  : Bobby Setyawan

1 comment:

berikan komentar anda dengan bijak. untuk memasang link anda kami sarankan menggunakan Name/URL demi kenyamanan kita bersama. salam wirausaha.

Powered by Blogger.