TIPS MEMULAI USAHA (JASA)


tips memulai usaha jasa
#blogPW. jika sebelumnya saya sudah menulis artikel tips memulai usaha untuk jenis produk barang, maka kali ini ijinkanlah saya untuk menulis artikel dengan judul tips memulai usaha (jasa). pada dasarnya tidak ada banyak perubahan saat kita memulai usaha baik itu barang maupun jasa, namun disini saya mencoba memberikan sedikit penekanan mengenai sedikit sudut pandang yang tidak tersentuh saat kita membicarakan barang dan jasa.


saat menjual barang, kita dapat melihat dan meraba produk yang kita jual sehingga kemasan atau tampilan menjadi begitu penting untuk diperhatikan. berbeda halnya jika kita beralih ke usaha menjual jasa. dalam jasa konsumen hanya melihat dari hasil akhir atau bisa kita sebut kualitas. kualitas dari produk yang dihasilkan oleh usaha jasa menjadi tonggak utama menciptakan kepuasan dan loyalitas konsumennya. tidak berpanjang lebar lagi saya akan sedikit menjabarkan poin - poin yang patut diperhatikan dalam memulai usaha jasa :

1. Existing Skill 
ini terkait dengan ketersediaan keahlian. bila kita ingin mendirikan usaha pembuatan website, maka kita harus memiliki keahlian di bidang tersebut. jika kita tidak bisa, kita harus membayar orang yang bisa dan menjadikannya karyawan kita. namun belajar dari mereka yang sudah sukses, biasanya usaha yang baik itu yang sesuai dengan hobi dan kemampuan pendirinya. jadi dirikanlah usaha yang sesuai dengan kesenangan kita. 

2. Excellent Service
yang tidak kalah pentingnya adalah kualitas pelayanan. buat konsumen kita merasa nyaman dan percaya bahwa kemampuan kita akan memberikan hasil yang terbaik untuk menghasilkan produk jasa yang sesuai dengan apa yang mereka harapkan. kebanyakan wirausahawan memang terlalu fokus pada nominal dana dan kuantitas pelanggan, namun cenderung melupakan pelayanan yang optimal kepada konsumennya.

3. Empowerment People
disini kita bisa memberdayakan SDM yang ada yang sesuai dengan usaha yang akan kita jalani. bisa saja SDM itu adalah teman - teman dekat kita. bisa juga keluarga kita. tapi jangan lupa membedakan antara kehidupan profesional dan kekeluargaan karena banyak juga usaha yang gagal karena tidak memberi sekat diantara keduanya.

4. Sales Force
jika poin - poin diatas sudah dipenuhi, maka selanjutnya adalah langkah pemasaran dan penjualan. gencarlah menawarkan produk jasa anda. tips dari saya adalah buatlah portofolio produk jasa yang sudah anda hasilkan. jika konsumen anda terkenal, kedepankan mereka dalam portofolio anda untuk mendongkrak nama anda. jika portofolio produk anda cemerlang, ini jelas akan memuluskan langkah anda dalam memasarkan produk jasa anda.

demikianlah diatas tips memulai usaha jasa yang bisa saya bagikan. ilmu saya masih terbatas, karena itu saya membuka diri apabila ada teman - teman yang ingin berdiskusi mengenai artikel ini. bila ada yang ingin berbagi pengalaman, saya akan sangat senang sekali tentunya karena pada dasarnya blog ini diciptakan dengan tujuan utama, yaitu saling berbagi.



8 comments:

  1. banyak orang bilang kalau usaha itu di mulai dari modal uang,..akan tetapi itu adalah sebuah kesalahan,..modal utama adalah apa yang di sebut oleh sobat di atas,..sukses untuk agan

    ReplyDelete
  2. setuju gan, semoga bisa memberikan manfaat buat teman - teman semua...

    ReplyDelete
  3. Artikelnya bagus, ijin CTRL+D

    salam,

    pasarjogja.com

    ReplyDelete
  4. wah agan pasarjogja kalo di #blogPW ada fitur top commentator pasti menang deh. hehehe...

    ReplyDelete
  5. terima kasih gan, salam kenal.... :)

    ReplyDelete
  6. iya terima kasih banyak gan :)

    ReplyDelete
  7. wah tipsnya sangat membantu mas
    ijin buat di share di blog saya yah

    ReplyDelete
  8. iya silahkan semoga bisa membantu :)
    kalau share bisa dicantumkan url asal ya gan :)

    ReplyDelete

berikan komentar anda dengan bijak. untuk memasang link anda kami sarankan menggunakan Name/URL demi kenyamanan kita bersama. salam wirausaha.

Powered by Blogger.