TIPS MEMULAI USAHA (BARANG)

tips memulai usaha
#blogPW. banyak teman yang mengatakan mengapa artikel semacam ini tidak menjadi pembuka di blog PW. mengapa di awal saya lebih banyak menulis mengenai studi. saya hanya merasa belum siap dan pantas untuk menulis artikel semacam ini. pada tulisan ini sekalipun saya sama sekali tidak memiliki maksud menggurui. saya hanya ingin berbagi sedikit pengetahuan yang saya ketahui dan saya akan sangat senang sekali kalau teman - teman semua mau ikut berpartisipasi memberikan saran dan kritikan yang membangun. kita langsung saja kepada apa yang saya tuliskan di judul. pada dasarnya usaha atau bisnis itu terbagi menjadi dua bila dilihat dari sudut pandang produk, yaitu barang dan jasa. pada artikel ini saya akan terlebih dahulu membahas mengenai tips memulai usaha yang menjual produk barang seperti alat elektronik, kendaraan, dsb. ini saya pisahkan karena banyak wirausahawan yang baru memulai usaha salah menerapkan sudut pandangnya pada strategi bisnis.

dalam memulai usaha banyak yang beranggapan bahwa modal uang dalam jumlah besar adalah mutlak. kemudian saya bertanya. kalau punya uang banyak kenapa tidak sekalian saja beli SUN atau obligasi yang keuntungannya sudah pasti didapatkan dalam jangka panjang. uang memang perlu tapi tidak usah terlalu besarlah. sekarang kan ada yang namanya sistem Multi-level Marketing (MLM) dan ada juga sistem Dropshipping yang pembayarannya bisa dilakukan setelah barang tersebut laku dijual. modal tidak hanya uang, namun juga pengalaman, pertemanan, dan pengetahuan, serta tidak lupa faktor keberuntungan pastinya. inilah langkah - langkah yang bisa dilakukan bagi teman - teman dalam memulai usaha :

1.  Market Scanning
disini kita terlebih dahulu melihat dan membaca kondisi pasar. apa jenis barang yang diminati oleh pasar. bisnis modern dengan pola customer oriented harus melakukan ini karena kekuasaan pembeli di pasar lebih besar daripada penjual. cerdas membaca peluang dan cepat mengambil peluang itu hal sangat vital dalam memulai usaha.

2.  Product Searching
jika kita sudah mengetahui apa minat pasar, kita sudah bisa mulai mencari produk yang memungkinkan untuk pemenuhan minat tadi. bila teman - teman ingin memproduksi sendiri, bisa dilakukan dengan mempelajari kualitas bahan baku. jika ingin menjadi reseller, bekerjasamalah dengan pihak yang jujur dan memiliki banyak barang ready stock. jangan hanya fokus pada harga. kekecewaan anda pada partner penyedia barang anda akan berimbas pada kekecewaan pembeli anda juga.

3.  5M Implementation
untuk yang belajar bisnis pasti sudah tau apa saja 5M itu, Money, Man, Method, Machines, and Materials. ayo kita bahas masing - masing unsur tersebut secara singkat.

Money
uang disini akan digunakan sebagai modal usaha dan membayar biaya seperti biaya pemasaran dan operasional, serta pengadaan barang. yang harus ditekan adalah biaya pemasaran dan operasional. lakukan seefektif dan seefisien mungkin agar dengan dana terbatas, anda bisa mendapatkan kualitas barang yang terbaik.

Man
bila anda ingin merekrut partner bisnis atau karyawan silahkan saja. namun harus anda perhitungkan resiko biayanya yang akan lebih besar. bila tidak, anda bisa saja bekerja sendiri, namun anda harus banyak mempelajari banyak lini dari bisnis yang akan anda mulai.

Method
metode disini lebih mengarah pada prosedur kerja atau biasa kita dengar Standard of Procedure (SOP). metode inilah yang akan menjadi rel bisnis kita agar tidak keluar dari apa yang seharusnya kita lakukan.

Machines
jika anda memproduksi jelas ini akan mengeluarkan biaya tidak sedikit. misal anda ingin produksi baju, maka anda butuh mesin jahit. kalau tidak bisa menjahit anda butuh penjahit. imbasnya adalah modal barang jadi lebih rendah. jika anda reseller, manfaatkan e-commerce yang banyak bertebaran di dunia maya sebagai mesin pemasaran anda.

Materials
sebenarnya material ini merujuk pada bahan baku utama jika bisnis anda memproduksi. seperti halnya nomor empat, anda juga akan membutuhkan material untuk menjahit baju, yaitu berupa benang, bahan, dsb. jadi kesimpulannya bila anda memulai usaha dimana didalamnya terdapat produksi, maka bisa dikatakan sangat harus memperhatikan 5M ini karena akan jadi sumber membengkaknya biaya usaha anda di awal.

4. Brand Activation
Setelah tahap - tahap diatas selesai, anda bisa melanjutkan dengan aktivasi merk atau brand usaha maupun produk anda. bangun kesadaran pasar bahwa ini loh usaha anda, ini loh produk anda.tahap ini tidak boleh terhenti karena merk itu ternyata memiliki peran yang sangat penting. sebenarnya aktivasi merk ini juga bagian dari pemasaran, namun bukan promosi murni. seperti halnya kita berkenalan dengan orang, kita akan memperkenalkan nama (brand) kita, usia kita, dsb. begitu juga dengan sebuah usaha.

5. Marketing and Sales War
sekarang anda siap untuk maju berperang. lakukan pemasaran, pemasaran, dan pemasaran. karena yang anda jual barang, yakinkan pasar bahwa barang itu yang paling bagus, berkualitas, tahan lama, dan paling murah. lawan pesaing anda dengan sportif. anda sudah memasuki zona perang, perang penjualan. jangan anda menyerah. lebih baik kalah dan anda bangkit lagi. sebab jika anda menyerah maka selesailah semua.

lima tahap diatas murni ide saya sendiri meskipun terselip konsep dan teori milik sesepuh di dunia bisnis, namun saya coba mengkolaborasikannya agar menjadi semakin hebat efeknya. semoga ini bisa membantu teman - teman semua dalam memulai usahanya. diskusi, saran, dan kritikan yang membangun silahkan disampaikan. Insya Alllah akan saya respon.


11 comments:

  1. bermanfaat ni triknya buat yang pengen usaha barang :)

    comeback

    ReplyDelete
  2. terima kasih gan semoga bisa membantu... :)

    ReplyDelete
  3. wah bagus artikelnya gan, detail banget. dalam membangun sebuah usaha kita harus yakin dan total.

    ReplyDelete
  4. sangat setuju gan sama anda, salam wirausaha ya.

    ReplyDelete
  5. bagaimana kl usahanya jenis "Ritel"?

    ReplyDelete
  6. untuk bisnis ritel menurut saya juga bisa mengikuti langkah diatas, tapi untuk yang poin 5M biasanya atas persetujuan bersama. jika berbicara mengenai ritel franchise jelas SOP akan mengikuti penyedia franchise. tapi klo kepemilikan pribadi akan lebih menggunakan cara yang konvensional atau minimal ada manajemen dasar seperti pemasaran, keuangan, hrd, dan operasional. kalau ada teman - teman yang mau menambahkan, saya dengan sangat senang hati akan menerima pendapat teman - teman. :)

    ReplyDelete
  7. Wah bagus sekali artikelnya dan pasti sangat bermanfaat.
    semoga apa yang dituliskan dapat diterapkan.. amin.

    salam sukses

    pasarjogja.com

    ReplyDelete
  8. amin semoga bisa membantu teman semua yang mau jadi wirausahawan

    ReplyDelete
  9. sudah zaman nya sekarang untuk memulai usaha yang mandiri,..sukses untuk mu sob

    ReplyDelete
  10. HAIKAL : terima kasih kembali. saya juga masih awam kok makanya mau saling berbagi ilmu dan pengalaman bisnis disini. hehe...

    FATHUR : setuju banget. saya juga sedang dalam proses membentuk usaha baru pake modal yang terbatas banget, cuma 100rb. nanti kalau sudah berjalan akan saya bagikan dalam artikel INSPIRASI di blogPW.tapi ini murni bisnis loh bukan MLM atau bisnis yang macem2. cuma sistem operasionalnya saja yang berbeda sehingga bisa lebih efisien. penasaran? :)

    ReplyDelete
  11. beruntung sekali bisa menemukan artikel sebagus ini
    terima kasih sob...

    ReplyDelete

berikan komentar anda dengan bijak. untuk memasang link anda kami sarankan menggunakan Name/URL demi kenyamanan kita bersama. salam wirausaha.

Powered by Blogger.