INACRAFT

#blogPW. disini saya akan membagikan informasi untuk teman wirausaha yang saat ini menggeluti bisnis di bidang kerajinan lokal. ada wadah yang sangat bermanfaat untuk memajukan usaha dalam waktu yang relatif cepat, yaitu dengan mengikuti pameran umkm. tapi teman wirausaha jangan sampai salah memilih pameran yang akan diikuti. sesuaikan dengan budget dan tema pameran tersebut. jangan sampai yang dijual pakaian, masuk ke pameran dengan tema otomotif. walalupun terkadang ada zona tenant yang OOT (out of topic) di beberapa bagian pameran, tapi bisa dilihat bahwa pengunjung pameran pasti datang karena tema pameran tersebut sesuai dengan minat mereka.

saya disini ingin memperkenalkan salah satu pameran yang awalnya kurang mendapat perhatian, namun sekarang sudah menjadi salah satu ajang show-off bagi para pengrajin lokal Indonesia untuk bisa bersaing dengan produk - produk yang lebih mapan, bahkan membuka potensi pasar ekspor dan mengembangkannya menjadi lebih luas.

pada tahun 2013 - 2015 saudara saya ikut ambil bagian di Inacraft dan menjadi ukm yang dibina oleh Bank BNI 46. kemajuan yang dirasakan sangat besar karena setelah ikut pameran Inacraft 2013 saudara saya langsung mendapatkan pesanan ekspor ke Singapura dan Malaysia bernilai ratusan juta rupiah. seperti diketahui bersama bahwa barang - barang yang dijual di Singapura misalnya, disana faktanya adalah bukan buatan negara tersebut atau tidak dibuat disana, melainkan diambil dari negara produsen lainnya, termasuk Indonesia.

pameran semacam ini ada banyak macamnya, jadi jika teman - teman memiliki usaha dan ingin ekspansi pasar yang lebih luas, tidak ada salahnya untuk ambil bagian dalam pameran umkm yang diselenggarakan oleh pihak yang bisa dipertanggungjawabkan keabsahannya. salah satu lokasi yang sangat sering mengadakan acara pameran umkm adalah Gedung SMESCO. teman - teman bisa melihat informasinya disini, sedangkan untuk informasi mengenai INACRAFT bisa dicek disini.

saya sangat berharap sedikit informasi yang saya berikan disini bisa membantu teman - teman wirausaha semua mengembangkan pasar dan menjadi eksportir - eksportir baru yang melebarkan sayap produk lokal Indonesia di pasar internasional.

Penulis : Bobby Setyawan

No comments:

berikan komentar anda dengan bijak. untuk memasang link anda kami sarankan menggunakan Name/URL demi kenyamanan kita bersama. salam wirausaha.

Powered by Blogger.