Belajar Berwirausaha Tanpa Modal Melalui Permainan Online

Saat ini banyak hal telah beralih ke dunia virtual. Dulu kita membayar dengan uang tunai saat membeli sebotol susu, namun kini kita mulai terbiasa untuk menggunakan dompet digital maupun QRIS yang disediakan oleh semua bank untuk melakukan pembayaran karena selain lebih ringkas, biasanya pembayaran dengan metode non tunai semacam itu bisa saja menawarkan potongan harga yang menggiurkan. 

Sehubungan dengan dunia kewirausahaan, saya pribadi juga ternyata menemukan celah yang berpotensi bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan minat dan perencanaan kita dalam memulai atau mengembangkan usaha melalui permainan. Ya sejak era windows di tahun 2000an saya sendiri sudah senang dengan permainan genre tycoon maupun simulasi yang ternyata semakin berkembang dan hari ini kita bisa bermain dimanapun kapanpun selama kita memiliki device yang mendukung. 

Belajar Berwirausaha Tanpa Modal Melalui Permainan Online

Kalau mau memulai usaha pastinya kita membutuhkan yang namanya perencanaan bisnis lengkap dengan analisa SWOT dan analisa lainnya untuk menghindari kesalahan dalam memulai dan mengembangkan usaha. Namun semua itu hanya diatas kertas, seringkali kita tidak benar - benar paham bagaimana nantinya saat praktek di lapangan. Makanya berikut ini saya mau mengajak teman - teman untuk mengulas beberapa permainan yang mungkin bisa dijadikan simulasi berwirausaha. Anggap saja kita sedang belajar sambil bermain. Banyak sekali permainan yang tersedia dan bisa dimainkan di komputer dan di browser smartphone kita tanpa harus mengunduh karena sifatnya streaming website, jadi tidak membebani memory di smartphone. Semoga bermanfaat. 
___________________________________________________


Games Coffee Shop

Permainan simulasi bernama Coffee Shop ini sangat menarik karena di awal permainan kita akan diminta untuk membeli bahan baku seperti gelas, kopi, susu, dan gula. Bahkan kita bisa menentukan resep kita yang akhirnya akan berpengaruh ke harga pokok produksi atau HPP/COGS. 

Games Coffee Shop

Saya menetapkan harga jual yang lebih tinggi dari default dan tingkat pekat yang juga lebih tinggi. Yah namanya juga simulasi, jadi sebenarnya bebas saja. Kunci dalam permainan ini ada disaat kita membeli bahan baku dan menetapkan harga karena saat kita sudah bermain, semuanya sudah berjalan secara otomatis sampai akhirnya hari berakhir. Kita bisa mengamati respon pembeli dengan simbol diatas mereka. Beberapa ada yang komplain karena kemahalan, terlalu panas, atau bahkan minta harga diturunkan.

Games Coffee Shop

Kalau dilihat dari modal awal yang USD 30 dan pendapatan saya USD 45, saya sebenarnya mendapatkan keuntungan. Tapi reputasi saya sangat jatuh disini mungkin karena terlalu mahal. Susu yang saya beli juga basi karena tidak habis dijual. Seharusnya keuntungan saya bisa lebih banyak lagi kalau saya membeli bahan baku yang tepat.

Sama dengan ketika kita berwirausaha khususnya kuliner yang bahan bakunya mudah basi. Kita harus serius dalam mencari solusi penyimpanan untuk menghindari resiko tersebut. Permainan ini untuk saya sangat menyenangkan dan sangat realistis berhubungan dengan kewirausahaan. Wajib dicoba!

Games Coffee Shop



Setelah terus bermain sampai hari ke 14, saya menemukan satu lagi faktor yang sangat penting, namun bisa terabaikan kalau kita berwirausaha dengan ego dan menjadikan kita buta dan tuli. Masukan pembeli. Jelas kita wajib wajib wajib harus mendengar dan mengikuti saran dan minat pasar terhadap produk kita. Di permainan saja saya harus mengikuti respon pembeli dan menyesuaikan resep dan harga produk yang dijual. Apalagi di usaha yang sebenarnya. Untuk mencoba permainan ini bisa klik disini.

___________________________________________________
Games Ice Cream Bar
Permainan simulasi usaha bernama Ice Cream Bar mensimulasikan kita sebagai pengusaha es krim yang melayani pembeli dengan menyajikan es krim dengan berbagai varian rasa. Kecepatan penyajian jelas menjadi kunci keberhasilan permainan, namun jangan lupa ada juga faktor ketelitian dan fokus yang harus dijaga dalam permainan. Sama dengan kenyataan dimana saat kita melayani pembeli, kita tidak hanya harus melayani dengan ramah, melainkan juga dengan cepat dan tepat. Menariknya di permainan ini kita akan mendapatkan pembeli mengeluh dan akhirnya pergi apabila kita terlambat menyajikan permintaan mereka. so real!

Games Ice Cream Bar

Jangan pernah berharap menyelesaikan permainan ini jika kalian tidak fokus dan teliti, serta konsisten. Permainan ini mirip dengan berwirausaha, harus punya komitmen dan tidak boleh mudah bosan karena kondisi usaha bisa saja naik turun. Bisa saja untung dan bisa saja rugi. Apapun kondisinya kita harus terus bertahan sampai akhirnya kita mendapatkan titik temu dimana usaha yang kita jalankan akhirnya bisa kita nikmati dan terus berkembang. Permainan ini super duper ringan untuk dimainkan, klik disini.

___________________________________________________

Permainan ini mirip dengan Ice Cream Bar dimana kita disimulasikan menjadi penjual makanan yang memiliki varian makanan dan juga minuman. Kita diminta untuk menyajikan makanan sesuai permintaan pembeli yang datang.

Games Cooking Street

Menu pertama yang disajikan adalah steak dan orange juice. Kita diminta untuk membakar daging dan menyajikannya di piring bersama selada. Kecepatan tentunya jadi kunci bermain disini. Ingat ya ini bukan kelas, jadi ambil positifnya saja dan bayangkan kita menjadi penjual beneran disini.

Selalu menyenangkan untuk bermain sambil belajar seperti ini karena apapun usahanya kalau dijalankan dengan gembira pasti akan jadi lebih mudah dan konsisten untuk dijalankan. 

Games Cooking Street

Mungkin beberapa orang akan menganggap ini cuma permainan, tapi vibes yang dibentuk dalam permainan ini adalah simulasi yang akan bermanfaat. kalau ada yang menyerah di permainan ini hampir bisa dipastikan tidak akan bertahan saat berjuang berwirausaha di kenyataan karena memang berwirausaha tidak semudah itu. Coba juga permainan ini untuk mengisi waktu luang, klik disini.

Syarat untuk bermain hanyalah gadget smartphone maupun device komputer dengan spek yang super rendah karena memang yang saya mainkan diatas adalah game di situs website, jadi tidak perlu mengunduh dan install aplikasi, jadi tidak memakan memory ruang. Saya sarankan coba saja untuk memainkan permainan yang saya sebutkan diatas karena dari semua yang ada, tiga permainan diatas menurut saya adalah yang paling menarik secara tampilan maupun permainannya itu sendiri.

Permainan tidak diciptakan untuk kalian yang gampang menyerah. Kalau main saja sudah menyerah apalagi harus berjuang dan berwirausaha yang jelas tantangannya lebih besar dan beragam. Semoga tulisan berbagi saya kali ini bermanfaat dan Indonesia kedepannya bisa melahirkan banyak wirausahawan hebat untuk membantu negeri ini. 

No comments:

berikan komentar anda dengan bijak. untuk memasang link anda kami sarankan menggunakan Name/URL demi kenyamanan kita bersama. salam wirausaha.

Powered by Blogger.