Yuk, Kenali Seluk Beluk Refinancing

Butuh dana tambahan dan ingin jual beli mobil kamu? Daripada dijual, mungkin akan lebih baik untuk melakukan refinancing mobil. Mau tahu seperti apa refinancing? Simak artikel ini sampai habis.

Pada proses refinancing, kamu akan mendapatkan pinjaman baru dengan suku bunga dan tenor yang berbeda. Biasanya refinancing dilakukan ketika kredit mobil kamu sudah hampir selesai dan kamu belum melunasi sisa tagihan mobil tersebut karena tagihan tersebut nantinya akan diselesaikan oleh pihak leasing dan kamu pun akan mendapatkan uang modal dalam jumlah besar.

Yuk, Kenali Seluk Beluk Refinancing

Umumnya, terdapat 3 jenis refinancing yang berlaku pada perusahaan leasing atau bank, seperti:

Cash in refinancing 
Cash in refinancing artinya adalah membayar sebagian utang dengan uang tunai supaya nilai utangnya menjadi lebih sedikit.

Cash out refinancing
Cash out refinancing artinya menarik uang tunai tambahan saat harga agunan naik untuk keperluan lain.

Rate and term refinancing
Rate and term refinancing ialah tipe refinancing yang biasa dilakukan oleh banyak orang. Jadi prosesnya menutup utang lama dengan utang baru yang bunganya lebih kecil.

seva

Untuk melakukan refinancing, ada syarat-syarat terkait, seperti:

Memiliki utang yang sedang berlangsung
Jika tidak memiliki utang yang berlangsung cicilannya, kamu tidak bisa melakukan refinancing. Jika kamu tidak memiliki utang tetapi butuh dana, jatuhnya lebih kepada meminjam biasa.

Mengajukan utang baru
Saat mengajukan utang baru, sampaikan ke pihak kreditur bahwa kamu sedang melakukan proses refinancing. Jika kamu memilih cash out refinancing, prosesnya akan jauh lebih cepat karena kamu tidak pindah kreditur

Pelunasan utang lama
Jika kamu melakukan rate and term refinancing, utang kamu akan terbayar lunas dengan utang baru dengan nilai yang sama atau lebih besar.

seva.id

Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan saat melakukan refinancing, seperti:

Mendapat dana segar untuk lunasi utang
Refinancing ini akan sangat berguna jika kamu membutuhkan dana segar untuk melunasi utang yang cukup banyak di beberapa tempat berbeda. Dengan refinancing, dana segar akan lebih cepat didapat dan kamu bisa membayar utang lebih dulu. Sedangkan untuk melunasi refinancing, kamu bisa memilih tenor yang lebih panjang dan bunga cicilan yang lebih rendah.

Mendapat modal usaha
Proses ini juga berguna bagi para pemilik usaha yang ingin tambahan modal untuk mengembangkan usahanya. Biasanya mobil yang digunakan untuk refinancing bukanlah mobil baru. Dengan kondisi mobil seperti ini, dana yang didapatkan tidak akan sebesar mobil baru, hanya berdasarkan nilai appraisal mobil lama saja. Jadi nantinya debitur tidak akan terlalu berat untuk mencicilnya kembali.

Jika kamu ingin melakukan refinancing dengan aman, pastikan perusahaan leasing tersebut memiliki kredibilitas baik dan bisa dipercaya. Kini sudah banyak perusahaan leasing yang menawarkan jasa terbaik, salah satunya adalah SEVA.

seva
Platform pembiayaan dari Astra ini dapat membantu kamu untuk membeli mobil dengan cara mudah dan nyaman secara finansial, baik untuk mobil baru maupun over kredit. Tak hanya itu, kamu pun bisa membeli mobil secara online melalui website SEVA. Cukup ikuti saja langkah-langkahnya, kamu bisa mendapatkan mobil yang diinginkan.

Kemudahan membeli mobil juga didukung dengan fitur Instant Approval yang dapat membantu kamu untuk terlebih dahulu memeriksa kondisi finansial sebelum memberikan pilihan mobil baru yang sesuai kemampuan. Fitur ini diharapkan dapat memberikan kenyamanan finansial yang lebih untuk kamu di masa depan hingga mobil yang dibeli dapat dimiliki sepenuhnya.

Yuk, beli mobil yang jelas hanya di SEVA.

Diberdayakan oleh Blogger.