4C OF SUCCESS

orang sukses#blogPW. beberapa waktu terakhir ini saya sedang sibuk untuk mempersiapkan wisuda S1 saya di Universitas Diponegoro Semarang. alhamdulillah hari ini saya sudah menjalani wisuda dan sudah sah menjadi Sarjama Administrasi Bisnis (S.A.B.)

ada beberapa orang didalam acara wisuda tersebut yang menyampaikan sambutannya. namun ada satu yang membuat saya tertarik. Pak Bambang yang mewakili orang tua wisudawan/ti memberikan sambutannya. beliau adalah alumnus Universitas Diponegoro tahun 1982 dan berasal dari fakultas yang sama dengan saya. jadi didalam kata sambutannya, Pak Bambang menyatakan bahwa ada faktor - faktor yang bisa membuat kita akan lebih mudah dalam meraih cita - cita kita. saya tidak tahu apakah ini adalah murni hasil pemikiran beliau atau memang ada teorinya. faktor - faktor ini agar lebih mudah akan saya namakan 4C of success.

1. Competence
yang pertama terkait dengan kompetensi kita. apa yang sudah saya pelajari selama kuliah di jurusan administrasi bisnis adalah segala hal mengenai dunia bisnis. memang benar bahwa apa yang saya dapatkan hanyalah ilmu dasarnya saja, namun jika mau diambil positifnya menjadi tugas saya untuk mengembangkan ilmu dasar tersebut menjadi kompetensi khusus yang dapat saya manfaatkan untuk meraih sukses. saat ini saya sudah mengarahkan kompetensi saya lebih khusus, yaitu kepada business development dan digital marketing.

2. Concept
jika kita sudah memiliki kompetensi harus kita lengkapi dengan konsep. maksudnya adalah bagaimana kita akan mencapai apa yang telah kita tetapkan. konsep yang baik dan rasional akan membantu kita untuk lebih baik dalam meraih kesuksesan hidup dan karir.

3. Connection
bertemanlah dengan sebanyak mungkin orang karena bisa saja rejeki kita datang dari luasnya pertemanan yang kita miliki. banyak teman berarti banyak informasi dan ini akan menunjang pengembangan ilmu yang dapat diterapkan sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. ada ungkapan "banyak anak banyak rejeki". ayo kita ganti menjadi "banyak teman banyak rejeki". hehe...

4. Change
yang terakhir adalah terkait dengan fleksibilitas kita dalam berkembang. kita boleh saja idealis, namun menjadi sangat penting bila kita bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar. banyak meneriman pendapat untuk dapat mengembangkan diri. berubahlah selalu setiap saat untuk menjadi pribadi yang lebih baik demi meraih sukses.

Baca Juga : Hari Kemerdekaan

saya berharap artikel sederhana ini bisa memberikan tambahan informasi kepada teman - teman semua. saya menulis artikel ini dengan bahagia. semoga kondisi seperti ini dapat terpelihara selalu. salam sukses !

4 comments:

  1. salam BLOGGER dan salam kenal dari blogger asal kota padang, sumatra barat.
    maaf,saya masih Newbie

    ReplyDelete
  2. salam kenal ya gan sukses selalu untuk padang, wilayah penghasil banyak wirausahawan di Indonesia. :)

    ReplyDelete
  3. salam kenal dan salam sukses....silahkan bagi yang mau jadi reseller kunjungi web kami

    ReplyDelete
  4. salam sukses juga gan dan good luck usahanya ya :)

    ReplyDelete

berikan komentar anda dengan bijak. untuk memasang link anda kami sarankan menggunakan Name/URL demi kenyamanan kita bersama. salam wirausaha.

Powered by Blogger.