AMBANG BATAS

perusahaan bangkrut#blogPW. Mungkin judul diatas masih terlalu umum dan agak sulit dimengerti. namun ambang batas yang dimaksud disini adalah ambang batas kebangkrutan usaha. ada banyak usaha khususnya usaha kecil dan menengah yang tau bagaimana cara memulainya namun tidak mengerti cara mempertahankannya untuk tetap eksis. kebanyakan dari mereka sebenarnya jalan di tempat tidak melakukan pengembangan di berbagai bidang didalam usahanya. ada zona nyaman yang terbentu dengan harapan keuntungan akan terus datang tanpa mereka perlu lagi banyak berusaha, apalagi berkorban.

inilah pentingnya forum atau komunitas bagi wirausaha khususnya yang berada di bidang sejenis. berdamailah dengan lawan dan bersaing secara sehat. cerdas membaca pasar dan mengembangkan produk adalah kunci utama disamping sistem operasional usaha yang tepat. kebanyakan usaha kecil menengah hanya dijalankan oleh satu orang (solepropitership) atau dibantu hanya oleh sedikit orang. secara biaya ini memang baik karena lebih rendah. namun keterbatasan personil sedikit banyak juga akan berpengaruh pada keterbatasan pertumbuhan usahanya. ini bisa disebut juga the power of kepepet. dengan banyak personil usaha biaya akan banyak. maka dibutuhkan target penjualan yang terus meningkat untuk menutupi biaya tersebut. agar target tersebut bisa dipenuhi kita harus berpikir dan bekerja keras untuk berkembang. 

bahayanya adalah apabila sang pemilik usaha tidak mau berpikiran terbuka dan menerima pendapat orang disekitar, apalagi pendapat kostumernya sendiri. inilah yang disebut ambang batas. usaha terus menurun, sementara pengembangan hanya jalan di tempat. semoga teman - teman wirausahawan tidak ada yang seperti ini ya. singkat memang namun semoga artikel ini bisa menjadi masukan dan inspirasi buat semuanya. salam wirausaha.

2 komentar:

  1. sangat menginspirasi,,,, thx artikelnya :)

    BalasHapus
  2. terima kasih mbak ira untuk pujiannya :)

    BalasHapus

berikan komentar anda dengan bijak. untuk memasang link anda kami sarankan menggunakan Name/URL demi kenyamanan kita bersama. salam wirausaha.

Diberdayakan oleh Blogger.