FUNGSI MANAJEMEN DALAM BISNIS

fungsi manajemen
#blogPW. Dalam memulai suatu bisnis seringkali kita melihat bisnis dijalani dengan sistem "asal tabrak". kalau untung bersyukur kalau rugi ya dicoba lagi. ini banyak terjadi pada bisnis yang bersifat konvensional. ada baiknya atau bahkan sangat baik bila kita menerapkan fungsi manajemen dalam bisnis yang akan kita jalani. anda bingung karena latar belakang ada bukanlah bidang ekonomi. tenang saja, siapapun boleh mengetahui apa itu fungsi manajemen, termasuk anda.

George R.Terry adalah seorang ilmuan yang menciptakan fungsi POAC yang merupakan kepanjangan dari Planning , Organizing , Actuating , dan Controlling. Dalam bisnis, khususnya yang memiliki skala kecil seperti bisnis UKM sangat jarang kita menemui keberadaan POAC didalamnya. ini menyebabkan bisnis tidak bisa bertahan lama karena selain tidak adanya perencanaan yang matang, pengendalian yang stabil juga tidak mampu membantu bisnis untuk bertahan menghadapi segala macam tantangan. oke selanjutnya saya akan menjelaskan apa itu POAC.

Planning
Perencanaan bisa dimulai dari ide bisnis yang akan anda kembangkan. apakah perencanaan hanya untuk kita yang akan membangun suatu bisnis. tidak. perencanaan juga bisa diterapkan bagi kita yang bisnisnya sudah berjalan. kita bisa merencanakan produk apa yang akan kita kembangkan atau kita akan membuka cabang baru di kota mana. khusus untuk anda yang akan atau sedang menjalankan bisnis online, perencanaan bisa juga diterapkan melalui jenis media pemasaran apa yang akan anda gunakan. apakah cukup dengan blog yang tidak berbayar seperti blogspot, wordpress, dan multiply. atau sekalian saja anda ingin menggunakan CMS yang berbayar namun lebih eksklusif seperti prestashop, drupal, joomla, dan opencart.  itu semua terserah anda. satu ungkapan yang harus selalu anda ingat terkait dengan perencanaan. "Gagal merencanakan sama dengan merencanakan kegagalan."

Organizing
setelah kita membuat perencanaan yang baik selanjutnya kita lanjutkan dengan kegiatan pengorganisasian. disini kita menempatkan sumber daya yang ada pada bagian yang seharusnya. misalkan anda memiliki dana dua juta, kemudian anda alokasikan satu juta untuk alat produksi dan sisanya untuk biaya tenaga kerja. untuk anda yang berbisnis online dengan basis CMS anda tentu perlu mengalokasikan dana untuk menyewa domain dan hosting. besarnya tergantung pada layanan yang anda inginkan. semakin baik layanan maka akan semakin tinggi biaya yang anda butuhkan. saya menyarankan untuk domain anda bisa menyewa di IDWebhost dan untuk hosting anda bisa ke jagoanhosting karena disana bandwith bulanannya unlimited.
        
Actuating
setelah perencanaan dan pengorganisasian, saatnya kita showtime. tidak ada hasil tanpa tindakan. jalankan bisnis anda dengan penuh kejujuran dan semangat pantang mundur. pastikan dalam menjalani bisnis anda tidak keluar dari rel yang telah direncanakan. bila anda melihat ada peluang baru yang menguntungkan, jangan tergesa - gesa mengambilnya. peluang itu anda catat dan dilihat baik buruknya. memang dalam bisnis kita mengenal istilah "high risk high revenue". bagi anda yang ingin mengambil langkah tersebut silahkan saja. namun bila anda masih memiliki modal yang terbatas dan ragu - ragu, saya sarankan kepada anda untuk tetap fokus pada bisnis anda dan simpan baik - baik peluang tersebut. kalau Delon bernyanyi, "indah pada waktunya".

Controlling
bisnis anda sudah berjalan dengan baik. laba usaha terus meningkat. waspada! janganlah anda lengah. kontrol dan evaluasi dalam bisnis hukumnya wajib. tanpa adanya kontrol ini bisa menjadi seperti kapal yang berlayar tanpa peta dan kompas. kapal tersebut memang berlayar dan terus melaju mengikuti arah angin. namun apakah kapal tersebut berlayar ke arah yang diinginkan. itu hanya bisa diketahui dengan peta dan kompas. begitu pula halnya dalam bisnis. sudah sampai dimana bisnis kita saat ini hanya akan diketahui melalui kontrol dan evaluasi. dalam bisnis untuk melihat ini sebenarnya ada teorinya yang disebut BCG. saya akan membuatkan anda artikel mengenai BCG ini secepatnya.


1 comment:

berikan komentar anda dengan bijak. untuk memasang link anda kami sarankan menggunakan Name/URL demi kenyamanan kita bersama. salam wirausaha.

Powered by Blogger.