BCG UNTUK KESEHATAN BISNIS ANDA

matriks bcg (boston consulting group)
#blogPW. Hayo siapa yang mau ke puskesmas untuk imunisasi BCG biar nanti tidak terkena Tuberkulosis. yang mau imunisasi ya silahkan saja tapi di puskesmas ya karena BCG yang akan saya bahas disini bukanlah imunisasi, melainkan sebuah matriks yang diciptakan oleh Boston Consulting Group. 

Matriks BCG ini berguna bagi kita yang berbisnis dengan multi-produk. tujuannya adalah untuk menetapkan dimanakah produk kita berada saat ini dalam posisi pasar. terbagi atas empat kuadran, yaitu Dog, Cash Cow, Question Mark, dan Star. dari setiap kuadran ini kita nantinya akan bisa menentukan apa strategi yang akan kita lakukan terhadap produk terkait. sedikit banyak matriks BCG ini terkait dengan PLC atau Product Life Cycle (daur hidup produk). namun bedanya dalam PLC produk berada dalam posisi perkenalan, pertumbuhan, kematangan, dan penurunan/kematian. selanjutnya akan saya jelaskan setiap kuadran yang ada dalam matriks BCG diatas agar kita semua bisa mengerti dan menerapkannya di bisnis yang kita jalankan.

DOG (anjing)
dalam setiap pertandingan kita selalu mendengar ada peserta yang tidak diunggulkan disebut under dog. begitu juga dalam bisnis. produk yang memiliki pangsa pasar dan pertumbuhan pasar yang minimal didalam matriks BCG dimasukkan dalam kuadran DOG. bila kita mengambil contoh produk otomotif roda dua, yang masuk dalam kuadran ini contohnya adalah motor Yamaha Nouvo Z atau Kawasaki Kaze R. dalam pasar kedua produk tersebut memiliki pangsa pasar yang minimal jika dibandingkan produk lainnya.

CASH COW (sapi perah)
istilah sapi perah membuat kita terbayang saat sapi diperah susunya. bedanya disini perusahaan memerah uang dari produknya yang masuk kuadran ini. bila kita telisik dari kuadran yang ada produk disini memiliki pangsa pasar yang cukup besar, namun sayangnya tidak berkembang dengan baik. contohnya adalah Kawasaki Ninja 250. pangsa pasar yang mereka miliki cukup besar, namun untuk pertumbuhannya jelas mereka kalah jauh dari produk motor matic seperti Yamaha Mio dan Honda Beat. perusahaan yang melihat ini tentu harus mengatur strategi agar produknya yang masuk kuadran ini bisa "naik kelas" ke kuadran STAR. namun melihat pertumbuhan yang minimal akan membutuhkan kerja keras untuk merealisasikannya.

QUESTION MARK (tanda tanya)
apakah anda pernah melihat produk yang kebingungan. memiliki pertumbuhan tinggi namun pangsa pasar yang dimiliki cukup minimal. saya berikan contoh saja dari salah satu bisnis yang produknya berada didalam kuadran ini, yaitu motor kawasaki ninja. produk mereka menilik pasar premium yang belum banyak tergarap. produk pada kuadran ini sebenarnya sangat potensial untuk "naik kelas" ke kuadran STAR asalkan anda bisa melihat pasar mana yang benar - benar menjanjikan untuk produk anda.

STAR (bintang)
ibarat bintang di langit, produk dalam kuadran ini menjadi pusat perhatian di pasar karena memiliki pangsa pasar dan pertumbuhan pasar yang tinggi. inilah produk yang menjadi andalan bisnis anda. bila anda berbisnis konveksi biasanya mengkuti perkembangan fashion yang ada. misalnya saat mendekati hari raya Idul Fitri, baju koko akan menjadi produk andalan anda yang masuk dalam kuadran STAR. 

produk yang masuk kuadran matriks BCG ini bersifat dinamis a.k.a bisa saja berpindah - pindah kuadran. karena itu saat produk anda berada dalam kuadran DOG janganlah anda berputus-asa. berjuanglah agar produk anda bisa "naik kelas". begitu juga saat produk anda masuk kuadran STAR. jangan anda lengah karena kelengahan anda akan menjadi pesaing untuk mengalahkan anda. manfaatkan produk anda untuk mendulang keuntungan, namun tanpa mengorbankan kepuasan konsumen. semoga artikel ini bisa membantu anda untuk mengembangkan bisnis anda. salam wirausaha.

2 komentar:

  1. wah ternyata ada juga ya teori semacam ini. saya baru tahu makasih ya buat artikelnya sangat membantu.

    BalasHapus
  2. terimakasih info yang di muat sangat bagus sekali
    ditunggu update nya

    BalasHapus

berikan komentar anda dengan bijak. untuk memasang link anda kami sarankan menggunakan Name/URL demi kenyamanan kita bersama. salam wirausaha.

Diberdayakan oleh Blogger.