5 SIKAP WIRAUSAHAWAN JUARA

wirausahawan , entrepreneur , pojok wirausaha
#blogPW. Wirausahawan adalah sebutan bagi mereka yang menjalani kegiatan wirausaha. setiap wirausahawan ini pada dasarnya memiliki karakter dan sikap yang berbeda - beda. namun dari sekian banyak perbedaan tersebut saya akan sedikit menjelaskan lima sikap yang harus dimiliki oleh seorang wirausahawan juara. sikap - sikap inilah yang kemudian akan membantu wirausahawan tersebut dalam mengembangkan usahanya menjadi lebih baik. 


1. MEMILIKI KEPERCAYAAN DIRI YANG TINGGI
kepercayaan diri yang dimiliki oleh seorang wirausahawan akan memunculkan sikap optimisme dalam mencapai target yang telah ditetapkan. sikap ini juga membantu wirausahawan dalam mengatasi keraguan dalam mengambil keputusan. namun sikap percaya diri ini jang sampai terlalu jauh karena akan berimbas pada kurangnya sikap waspada pada kemungkinan buruk yang bisa saja terjadi. bila seorang wirausahawan memiliki sikap percaya diri yang minimal ini tentu harus diperbaiki karena sikap ini akan membantu mereka dalam beradaptasi dengan keadaan dan lingkungan yang terburuk sekalipun.

2. MEMILIKI SIKAP GEMAR BELAJAR
belajar tidak terbatas pada pendidikan formal. saat kita terjun ke masyarakat sebagai wirausahawan disana kita akan mendapatkan pembelajaran yang sesungguuhnya karena wirausaha sangat erat hubungannya dengan lingkungan sosial. kemampuan menyerap ilmu dalam kondisi serumit apapun menjadi nilai tambah bagi wirausahawan juara.

3. MEMILIKI KEBERANIAN DALAM MENGAMBIL RESIKO
menjadi seorang risk taker bukanlah pilihan yang mudah. terlebih bagi mereka yang memiliki banyak pertimbangan dalam mengambil sebuah keputusan. butuh keberanian lebih untuk mengatakan "oke saya ambil resiko itu agar bisnis saya bisa berkembang !". dalam setiap peluang bisnis ada resiko gagal. namun bukan kegagalan ini yang menjadi poin utama bagi seorang wirausahawan sukses, melainkan kemampuan untuk kembali bangkit lagi setelah gagal dan terjatuh yang membedakan wirausahawan juara dan wirausahawan rata - rata.

4. MEMILIKI JIWA KEPEMIMPINAN DAN KOMUNIKASI YANG BAIK
jiwa kepemimpinan mutlak dibutuhkan karena seorang wirausahawan akan dihadapkan pada banyak masalah dan dituntut untuk dapat mengambil keputusan dalam kondisi sesulit apapun. jiwa kepemimpinan tidak akan didapatkan melalui buku teori meskipun ada teori mengenai kepemimpinan tersebut. pengalaman adalah pahat yang membentuk jiwa kepemimpinan dalam diri seorang wirausahawan juara.

5. MENIKMATI JAM KERJA YANG PANJANG
karyawan pada umumnya memiliki jam kerja tertentu yang sifatnya terbatas. berbeda dengan wirausahawan yang bebas menentukan jam kerjanya. namun dibalik kebebasan tersebut ada sebuah kompensasi yang harus dibayar, yaitu pengorbanan waktu. biasanya saat usaha baru dibentuk, seorang wirausahawan akan menghabiskan sebagian besar waktunya untuk mengembangkan usaha tersebut, bahkan waktu yang dihabiskan bisa jauh lebih banyak dari jam kerja karyawan pada umumnya. inilah yang memang seharusnya dijalani, maka dari itu nikmati saja semua perjalanan yang ada didalam pengembangan sebuah usaha karena wirausahawan juara akan lebih mementingkan visi jauh ke depan yang sudah ditetapkannya.

itu semua adalah 5 sikap wirausaha juara yang bisa saya tuliskan. terbatas memang karena memang masih banyak sikap yang patutnya dimiliki seorang wirausahawan juara. oleh karena itu saya dengan tangan terbuka berharap adanya masukan dan saran apabila kawan - kawan memiliki ide - ide yang bisa ditambahkan untuk melengkapi isi tulisan ini. semoga bisa bermanfaat dan salam wirausaha.

10 comments:

  1. saya sllu ingin menjadi pengusha , tpi msh byk rintangan, mksh infonya

    ReplyDelete
  2. terima kasih untuk komentarnya, untuk jadi pengusaha pasti memang ada rintangannya. untuk karyawan rintangannya biasanya dalam bentuk tanggung jawab ke keluarganya dan jaminan masa depan yang biasanya cenderung memilih zona nyaman menjadi karyawan saja.thx

    ReplyDelete
  3. Kunjungan balik kang,,, makasi atas artikelnya yg sanagt membangun ini... oya follow sukses,, jangan lupa follback yah.. ditunggu kedatangannya...

    ReplyDelete
  4. iya makasih sudah di follback kok jangan bosen2 ya mampir kesini :)

    ReplyDelete
  5. nambah gan,untuk menjadi wirausahawan yang sukses perlu modal yg cukup juga :)

    ReplyDelete
  6. setuju sama agan reo. tapi hati2 loh modal tidaklah selalu berbentuk dana. terkesan klise memang tapi ada beberapa bidang usaha yang tidak membutuhkan modal dana diawal. contoh adalah yg pernah saya alami yaitu pembuat web. biasanya pembayaran dimuka sehingga kita tidak perlu nalangin dulu dan bisa langsung hitung berapa laba kita. umumnya biasanya di sektor jasa. karena itu ayo kita kembangkan soft-skill kita.

    ReplyDelete
  7. saya selalu inngin jadi pengusaha, saya masih mencari-cari usaha yg tepat, dengan modal yg minim, rencananya saya mau jual baju" bola, untuk dijual ketemn-temen saya, saya sedang mencari suplier baju, saya sudah menghubungi temen-temen, tp saya masih bingung mulai darimana mas.

    ReplyDelete
  8. kalo jualan baju bola yang banyak saya lihat saat ini memanfaatkan media sosial dan biasanya pihak pertama langsung yang jualan. cukup jarang yang menjadi supplier. sukses ya.

    ReplyDelete
  9. Mudah-mudahan bisa memiliki "sikap wirausaha juara"
    terimakasih artikelnya bagus-bagus jadi rajin nengok kesini.

    salam,

    pasarjogja.com

    ReplyDelete
  10. wah harus dong kalo rajin kesini apalagi klo bisa ikutan berbagi hehe

    ReplyDelete

berikan komentar anda dengan bijak. untuk memasang link anda kami sarankan menggunakan Name/URL demi kenyamanan kita bersama. salam wirausaha.

Powered by Blogger.