PRODUCT LIFE CYCLE (PLC)

product life cycle#blogPW. Kali ini saya akan sedikit berbagi ilmu terkait daur hidup produk / product life cycle (PLC). pada dasarnya setiap produk memiliki masa hidup tertentu yang harus kita pahami. PLC ini terbagi atas empat siklus, yaitu :


1. PERKENALAN  
disini adalah tahap awal dari sebuah produk yang kita perkenalkan kepada pasar melalui kegiatan  pemasaran. dalam tahap ini produk sedang berkembang baik dari segi penjualan maupun pengembangan produk itu sendiri. contohnya saat ini dalam kasus nyata adalah keberadaan mobil berbahan bakar gas (BBG) di Indonesia yang masih berada di tahap perkenalan. pasar masih meraba - raba dan mencari tahu informasi mengenai produk tersebut.

2. PERTUMBUHAN
setelah tahap perkenalan selanjutnya adalah tahap pertumbuhan dimana produk sedang mengalami peningkatan yang signifikan atas penjualan produknya. namun jangan terbuai dengan keadaan seperti ini. kita harus memaksimalkan agar pertumbuhan ini tidak berhenti ditengah jalan. kegiatan pemasaran dan pelayanan harus lebih digencarkan agar produk yang berkembang ini bisa mencapai tahap kematangan.

3. KEMATANGAN
dalam tahap kematangan ini, produk sudah diketahui benar keberadaannya oleh pasar. kita bisa mengurangi anggaran biaya untuk pemasaran produk ini karena pasar (entah bagaimana) akan berkembang dengan alami. namun bukan berarti kita lepas tangan. pesaing sedang mengintai dan mencari kelemahan produk kita. dalam tahap ini kita harus mempersiapkan produk baru lagi untuk kita perkenalkan kepada pasar. ini untuk mengantisipasi bila suatu saat produk kita yang berada dalam tahap kematangan ini masuk pada tahap penurunan, produk baru tadi sudah mencapai tahap kematangan dan begitulah seterusnya.

4. PENURUNAN
seperti saya katakan di tahap sebelumnya. tahap penurunan ini akan terjadi bila kematangan sebuah produk sudah tidak bisa dipertahankan lagi. dalam tahap penurunan akan sulit untuk me-reactivation  produk tersebut karena pasar membutuhkan produk yang baru dan berbeda. inilah inti dari PLC. semuanya berputar/dinamis. maka sebagai produsen, kita harus selalu berinovasi menciptakan produk baru yang lebih menarik bagi pasar.

pertanyaannya adalah apakah semua produk harus/akan melewati setiap tahap tersebut. apakah harus dimulai dari perkenalan dan berakhir di penurunan. jawabannya adalah TIDAK! 

produk yang memanfaatkan momentum cenderung tidak membutuhkan tahap perkenalan dan perkembangan. produk tersebut akan langsung berada di tahap kematangan dan kemudian penurunan karena momentum itu biasanya bersifat terbatas. contohnya adalah baju jersey bola tim nasional eropa yang hanya akan laris manis saat penyelenggaraan piala eropa saja. semoga apa yang saya tulis ini bisa membantu teman - teman semua. salam wirausaha.

2 komentar:

  1. interesting post Gan. hidup emang selalu berputar.

    BalasHapus
  2. setuju gan konspe ini bisa diterapkan kemana saja hehe

    BalasHapus

berikan komentar anda dengan bijak. untuk memasang link anda kami sarankan menggunakan Name/URL demi kenyamanan kita bersama. salam wirausaha.

Diberdayakan oleh Blogger.