7P MARKETING MIX

bauran pemasaran marketing mix 7p
#blogPW. Pada tulisan ini saya akan membahas marketing mix sebagai kunci utama bagi pemasaran produk yang akan kita jual ke pasar. biasanya kita hanya menemukan empat poin dalam marketing mix, namun disini saya akan membahas tujuh poin marketing mix. dalam marketing mix yang pertama, kita menemukan price, place, promotion, dan product. lalu kemudian muncullah process, people/participants, dan physical evidence. tanpa berlama - lama lagi mari kita bahas satu persatu poin tersebut dengan mencontohkan satu produk yang spesifik sebagai objeknya, yaitu yaitu produk telkomsel simpati.

1. PRICE
harga adalah elemen penting yang menempel pada sebuah produk. harga menjadi kunci utama bagi konsumen untuk membeli barang, khususnya konsumen kelas menengah kebawah. dalam pemasaran, penentuan harga bisa menjadi kekuatan untuk bersaing didalam pasar. contoh konkritnya adalah telkomsel simpati yang memiliki harga terjangkau sehingga bisa menjadi pemimpin pasar di Indonesia. harga juga bisa menjadi identitas sebuah produk. produk yang ditujukan bagi kalangan bawah jelas akan dijual dengan harga semurah mungkin. sebaliknya untuk kalangan premium, harga akan dinaikkan tentunya seiring dengan kualitas produknya juga.

2. PLACE
lokasi disini bisa dikaitkan dengan akses tempat maupun distribusi produk. lokasi menjadi penting perannya dalam pemasaran karena terkait dengan after-sales satisfaction maupun before-sales satisfaction pelanggan. produk telkomsel simpati memiliki akses gerai telkomsel yang tersebar diseluruh Indonesia sehingga memudahkan pelanggan untuk mencari informasi atau membutuhkan bantuan pada produk telkomsel simpati yang digunakannya. penentuan lokasi yang tepat akan turut andil meningkatkan rasio penjualan produk meskipun harga kurang kompetitif. masyarakat didaerah yang terpencil mau tidak mau akan membeli produk telkomsel simpati dengan harga berapapun bila memang hanya produk inilah yang jaringannya mencapai daerah tersebut.

3. PROMOTION
promosi sudah jelas menjadi alat utama dalam pemasaran sebuah produk. promosi ini juga yang kemudian banyak menggerus keuangan perusahaan demi memperkenalkan produknya ke pasar. promosi dapat berupa iklan di media cetak maupun elektronik, brosur, baliho, dan sponsorship. produk telkomsel simpati jelas gencar dalam melakukan promosi karena banyaknya jumlah pesaing. promosi ini juga bisa dilakukan secara eksplisit melalui program - program Corporate Social Responsibility (CSR) yang tujuannya sosial. sambil menyelam minum air. sambil memberi juga bisa menerima berupa nama baik perusahaan. promosi yang tepat akan membantu penjualan produk dan laba perusahaan, namun kegagalan promosi bisa membuat perusahaan merugi atau bahkan collapse. lakukan penelitian terlebih dahulu untuk menentukan promosi macam apa yang layak digunakan.

4. PRODUCT
produk yang dimaksud disini terkait dengan kualitasnya. produk berkualitas yang ditawarkan dengan harga terjangkau jelas akan menjadi sasaran pasar. brand produk juga menjadi penting karena ada beberapa segmen di pasar yang menjadikan brand sebagai alasan utama memilih produk. contohnya adalah brand telkomsel simpati yang sudah sangat terkenal sejak dulu menjadi alasan orang tua untuk meminta anaknya menggunakan provider simpati juga. padahal telkomsel memiliki segmen khusus untuk produknya. contohnya produk telkomsel as ditujukan untuk pelajar, produk telkomsel simpati ditujukan untuk kalangan mahasiswa dan pekerja, dan produk telkomsel kartu halo ditujukan untuk kalangan pebisnis profesional. menjadi sangat penting dalam pemasaran untuk menentukan produk yang tepat baik secara ekstrinsik maupun intrinsik agar menarik pasar untuk membelinya atau bahkan merekomendasikannya.

5. PROCESS
proses ini sebenarnya adalah salah satu elemen inti yang ada di 9 core elements of marketing, namun melihat korelasi yang penting maka elemen ini ditarik masuk menjadi salah satu bagian dalam marketing mix. beberapa indikator proses yang diperlukan adalah prosedur, kebijakan, mekanisasi, arah aktivitas, dsb. produk telkomsel simpati memiliki arahan yang jelas saat mengalami gangguan. kita akan diminta datang ke gerai telkomsel untuk menemui customer sevice. disana kita akan diarahkan dan dibantu untuk menyelesaikan masalah tersebut. terkait produk, cara kerja produk tersebut menjadi proses penting bagi pelanggan untuk mengetahui dan memanfaatkan segala fasilitas yang terdapat didalam produk tersebut.

6. PEOPLE/PARTICIPANTS
yang dimaksud pada elemen people disini antara lain komitmen, insentif, penampilan, prilaku, dan kebiasaan. apapun yang menempel pada pelanggan maupun karyawan perusahaan. pegawai telkomsel simpati dari sisi penampilan kita ketahui selalu menggunakan seragam berwarna merah dan melayani dengan sigap dan ramah. people inilah yang kemudian menjadi penggerak dalam proses pemasaran sebuah produk melalui informasi dan pelayanan yang memadai. sudah saatnya perusahaan tidak lagi hanya berfokus pada produknya saja, namun juga pada personilnya agar kinerja dapat dicapai secara maksimal.

7. PHYSICAL EVIDENCE
beberapa indikator utamanya yaitu lingkungan, warna, tata letak, dan fasilitas tambahan. ini terkait dengan tampilan sebuah produk/jasa yang ditawarkan. terkait dengan packaging yang disajikan untuk menarikan minat konsumen. telkomsel simpati identik dengan warna merah dan bungkus yang terkesan sederhana, namun berisi informasi lengkap mengenai fasilitas dan bonus yang ada didalam produknya. elemen ini menjadi penting dalam pemasaran karena seperti kita ketahui bersama, pasar Indonesia adalah pasar yang melihat produk dari penampilannya. tidak jarang kita menemukan pembeli yang tidak logis yang membeli hanya karena melihat tampilan produk yang sangat menarik, padahal dia tidak membutuhkan produk tersebut(baca:lapar mata).

demikian marketing mix yang bisa saya jelaskan. semoga bisa memberikan wawasan tambahan kepada kawan - kawan semua, khususnya dalam lingkup pemasaran. tujuh marketing mix diatas menjadi sia - sia bila tidak terintegrasi dengan baik. oleh karena itu semuanya harus diaplikasikan secara berkesinambungan dan seimbang. salam wirausaha.

5 comments:

  1. Nice post gan
    very informative
    thanks for sharing

    ReplyDelete
  2. your welcome gan
    semoga tulisan diatas bisa memberikan manfaat

    ReplyDelete
  3. udah ketigax gan hehehe

    iya iya nanti saya balik mampir deh ke blognya agan

    terima kasih gan buat doanya

    salam blogger ya :)

    ReplyDelete
  4. ane ada blog bisnis online, yang ane jual barangnya ekslusif gan dan hanya satu, tapi gak terlalu profit soalnya lakunya paling 1 kali dalam satu bulan. Dan barang yang ane jual sebenarnya bukan minat ane; jualnya teh kering gitu. Ane lebih tertarik jual barang it, ada saran bagaimana memulai? ane tidak tertarik jadi dropshipping, utk modal, ane ada sktar 1 jutaan.
    Terima kasih sarannya.

    ReplyDelete
  5. ya menurut ane jadikan bisnis teh kering itu sebagai pembelajaran bagaimana menjual dan bagaimana mengelola usaha. untuk bisnis barang IT dengan modal 1 jutaan sebenernya cukup sulit sih krn pusat penjualan IT juga sudah online semua. otomatis mereka jadi pesaing langsung ente. saran ane jualnya lebih spesifik aja jangan semua barang IT dijual. misal ane dulu pnah jual headset aja. dengan adanya spesifikasi ini selain modal lebih rendah juga pelanggan biasanya jg tertarik dengan penjual seperti ini. klo mau jualan online buat toko online yang profesional jgn setengah2 biar omsetnya juga gak setengah2. salam wirausaha.

    ReplyDelete

berikan komentar anda dengan bijak. untuk memasang link anda kami sarankan menggunakan Name/URL demi kenyamanan kita bersama. salam wirausaha.

Powered by Blogger.