BAURAN PROMOSI

promotion mix
#blogPW. Setelah kita belajar tentang bauran pemasaran melalui artikel 7P Marketing mix, sekarang ayo kita belajar tentang bauran promosi. kita sudah tentu mengerti apa itu promosi. namun ternyata ada beberapa jenis kegiatan promosi yang menjadi andalan perusahaan dalam mempromosikan produknya baik barang maupun jasa. semuanya tergabung menjadi satu kedalam bauran promosi. untuk lebih jelasnya akan saya jabarkan secara singkat apa saja bagian dari bauran promosi tersebut.

1. Advertising 
apa yang dimaksud advertising disini adalah segala macam bentuk kegiatan periklanan baik itu di media cetak maupun media elektronik. kita pasti sering melihat iklan di televisi dan mungkin banyak diantara kita yang mengalihkan pandangan saat iklan disiarkan. padahal dari iklan - iklan tersebut kita bisa belajar iklan macam apa yang menarik. pernah teman saya yang menggeluti dunia periklanan mengatakan bahwa semakin aneh suatu iklan maka akan semakin menarik iklan tersebut. jadi barometer apa yang sesuai untuk mengukur kualitas sebuah iklan ya.

2. Publicity  
publisitas ini pada dasarnya sama seperti iklan. namun dalam kegiatan publisitas ini tidak ada maksud untuk beriklan. bingung ya apa maksudnya. maksudnya adalah publisitas merupakan kegiatan periklanan yang bisa dikatakan terselubung. contohnya bisa kita temui saat ada program csr, sponsorship suatu acara, dsb. intinya adalah bahwa publisitas ini menitikberatkan pada brand suatu produk atau perusahaan agar dipandang baik oleh masyarakat.

3. Sales promotion 
kegiatan promosi penjualan adalah sesuatu yang sangat sering kita jumpai. biasanya kegiatan ini dilakukan dengan memberikan potongan harga atau memberikan bonus pembelian. di acara pameran dan seminar akan sering kita jumpa promosi penjualan yang menggoda iman dengan potongan harga dan bonus yang menarik.

4. Personal selling 
personal selling adalah kegiatan promosi perusahaan dimana seorang sales melakukan kontak persuasif secara langsung kepada pasar. saat ini kita mengenal sales atau lebih kerennya account executive, yaitu ujung tombak perusahaan untuk meraih penjualan yang dapat memenuhi target.

5. Direct marketing 
yang terakhir adalah pemasaran langsung. pemasaran yang dimaksud disini bukanlah pemasaran secara luas, melainkan hanya sebatas teknis promosi produk saja. contohnya adalah dengan cara mengirimkan email atau pengumuman promosi sebuah produk yang ditujukan secara personal langsung kepada perorangan. kita tentu tahu bagaimana seringnya penawaran kartu kredit yang dilakukan melalui telepon. inilah yang disebut dengan direct marketing.

sekian apa yang bisa saya bagikan terkait studi terhadap bauran promosi. saya akan sangat senang apabila ada diantara teman -teman yang mau mengoreksi apabila saya ada salah dan ada yang menambahkan apabila saya ada yang kurang karena tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk saling berbagi pengetahuan demi mimpi menjadi seorang wirausahawan.

2 comments:

berikan komentar anda dengan bijak. untuk memasang link anda kami sarankan menggunakan Name/URL demi kenyamanan kita bersama. salam wirausaha.

Powered by Blogger.